Minggu, 15 September 2013

Seribu Impian Awali Dengan Satu Pelatihan


Seribu Impian Awali Dengan Satu Pelatihan

Entrepreneur merupakan seseorang yang mampu melihat adanya peluang dan menciptakan sebuah organisasi untuk mengejar peluang tersebut atau secara sederhana, seseorang yang mencari atau membangun sebuah usaha. Pengalaman Entrepreneur yang saya dapatkan ketika saya berada di kelas XI, saya mendapat mata pelajaran kewirausahaan. Dari materi ini saya mendapatkan beberapa teori tentang bagaimana membuka usaha serta cara-cara dalam kewirausahaan lainnya. Awalnya saya hanya membawakan pesanan kosmetik dari teman-teman karena memang ibu saya mempunyai usaha dirumah.Namun, setelah saya perhitungkan nominal untung yang didapat ini membantu saya dalam menambah uang saku.

Dalam berentrepreurship yang terpenting adalah kita harus pintar melihat Peluang. Pengusaha Muda harus berani dalam mengawali sebuah usaha. Saya ingat sebuah slogan yang diberikan ketika mendapat mata pelajaran Kewirausahaan.  Yaitu APES,  Action Problem Evaluation & Solution. Dalam Slogan tersebut di jelaskan bahwa kita harus Action terlebih dahulu, yaitu memulai usaha apa yang harus kita lakukan. Itu memicu semangat saya bahwa harus kita mulai tindakan terlebih dahulu. Kemudian ketika saya menemukan Problem, saya akan melakukan Evaluation dan saya akan menemukan Solution. Memang banyak tahapan yang harus saya lakukan untuk menghasilkan sebuah usaha yang sukses. Saya harus bekerja keras terlebih dahulu sebelum saya bisa menikmati hasil usaha yang telah saya kerjakan.

Menurut saya tentang pentingnya pendidikan kewirausahaan ini adalah Pendidikan kewirausahaan akan menciptakan lebih banyak pengusaha dan pertumbuhan jumlah para pengusaha pasti akan meningkatkan peluang kerja dan belajar berwirausaha juga di organisasi. Indonesia memiliki kekayaan alam yang berlimpah. Siapakah yang kita harapkan akan menemukan peluang besar, menciptakan nilai tambah dan memasarkan anugerah alam raya dari Tuhan untuk Indonesia kita? Bila tidak ada para pengusaha bangsa kita sendiri melakukan hal ini maka nilai tambah dari kekayaan alam tidak akan pernah kita nikmati secara maksimal.

Kita membutuhkan begitu banyak usaha kecil dan menengah untuk mampu menciptakan kekuatan ekonomi bangsa yang sehat dan kokoh. Usaha kecil dan menengah perannya harus makin ditingkatkan di Indonesia bukan cara mengambil porsi dari yang sudah besar.tapi kita belajar dari hal yang terkecil hingga usaha kita menjadi besar. Oleh karena itu kita butuh proses dalam berwirausaha.

Salah Satu Peluang Usaha yang saat ini belum banyak orang yang menekuni adalah bidang event organizer (EO).  Siapapun bisa membuat EO. Anak-anak sekolah misalnya, kalo berminat juga dapat membuat event organizer anak, bisa saja dimulai dari mengemas acara Ulang tahun teman terdekat, Pentas Seni, Acara Perpisahan atau Pelombaan kampus. Tidak  masalah kalo kita baru pertama kali menangani event, yang terpenting adalah ide kreatif event organizer anak yang muncul di otak yang kemudian kita kembangkan menjadi sebuah konsep. Setelah konsep ada, baru kita memikirkan bagaimana bisa mengumpulkan dana agar acara tersebut dapat dijalankan. Misalkan kita berbicara mengenai dana, pasti membutuhkan sponsor. Di bagian ini yang paling penting adalah kepercayaan. Misalkan pihak terkait sudah percaya dengan kita semuanya akan jauh lebih ringan, misalnya untuk penyewaan sound kita bisa tangguhkan pembayarannya setelah acara berlangsung, atau setelah dananya ada.

            Menurut Saya sekarang saatnya kita belajar untuk mengelola diri sendri dan orang lain dengan event organizer anak. Yang berjiwa pemimpin mungkin bisa ditunjuk sebagai ketua panitia. Yang ahli dalam bidang berbicara atau bahasa verbal bisa di tempatkan bagian humas atau marketing yang berperan mencari sponsor dan mempromosikan acara event organizer anak. Bagi yang Ahli dalam design bisa berperan pada tim kreatif  untuk membuat proposal dan media promosi. Saya rasa dalam bidang EO, kerjasama yang kuat dan keyakian bahwa dapat membuat acara bisa berlangsung dengan lancar adalah bagian yang terpenting. Kemudian kunci utama dari EO adalah kepercayaan dari klien atau konsumen yang menggunakan jasa kita.
Misalnya jika dipercaya oleh sebuah klien untuk mempromosikan produknya, maka sebuah EO harus memikirkan bagaimana mengemas acara sesuai dengan permintaan klien. Selain itu, pikirkan juga bagaimana selera pengunjung yang akan menjadi calon konsumen.

Sebuah EO juga harus berani mengajukan sebuah ide baru yang kreatif dan berbeda. Jika itu bisa diterima oleh klien serta sukses, tentunya kemungkinan besar EO ini pun akan dipercaya untuk memegang event-event berikutnya dan bahkan event dari klien baru lainnya.

Saya rasa semua manusia mempunyai persamaan, yaitu sama-sama mempunyai mimpi. saya tahu bahwa dalam diri saya ada karunia istimewa namun karena kurangnya motivasi maka saya belum tergerak untuk membuat satu kemenangan untuk masa depan saya. Harapan saya dengan mengikuti pelatihan ini, saya akan mendapat pelatihan menjadi lebih dari sekedar pengusaha biasa, mendapatkan ilmu dan strategi bagaimana menjalankan wirausaha dengan baik, paham strategi marketing yang jitu dan bisa menarik perhatian konsumen dan yang terlebih penting, saya akan mendapatkan berbagai motivasi dan teori tentang entrepreneurship. Karena bagi saya, motivasi adalah hal yang sangat penting sebagai calon pengusaha muda agar lebih bersemangat dalam mengembangkan usaha.


Yulika Harnum Aulia B.
Mahasiswi  Prodi Sastra Inggris IAIN Sunan Ampel Surabaya

1 komentar: